music

anic arnica ngobor kodok
Zara Larsson - Ain't My Fault

Jumat, 12 Agustus 2016

MENGENAL PLC(PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Asalamuaalaikum wr wb
 Plc(programmable logic controler) adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari sebuah relay yang memiliki input dan output masing-masing.relay tersebut bisa di kontrol oleh sebuah program sesuai yang kita inginkan seperti mengontrol timer,temperatur,tekanan presure/angin dll dan semua itu juga membutuhkan alat penunjang yang lainya agar bisa beroprasi dengan baik dan maksimal.
  plc mempunyai input autput yang berbeda-beda di mulai dari 24v dc sampai 220v ac.plc mempunyai 2 jenis ada yg memakai relay transistor ada jg yang memakai relay jenis mechanik magnetic,biasanya yang memakai relay transistor minimum teganganya adalah 12vdc sampai 30vdc jika tegangan berlebih bisa merusak komponen sedangkan plc yang memakai mechanik magnetic minimum tegangan bisa 12 vdc sampai 220v ac untuk output plcnya.
 plc mempunyai prossesor dan memory eprom tersendiri untuk menyimpan data yang kita kontrol lewat pemrograman secara manual/memakai kypad dan juga bisa secara download,copy paste lewat pc atau leptop dengan mengunakan kabel data.Plc sangat berperan penting untuk mengontrol sebauh mesin industri dan plc juga bisa di gabungkan dengan inverter,proximity sensor,counter timer dan alat-alat penunjang lainya.
 

   Di atas adalah gambar plc moller 621 dan moller 620
ini adalah COUNTER TIMER
  Alat ini mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan PLC,mempunyai input output relay NO dan NC.fungsi alat conter adalah untuk menghitung banyaknya putaran atau panjang dengan mengunakan bantuan proximity sensor.
proximity sensor mempunyai 2 jenis PNP(positf negatif positif) dan NPN (negatif positif negatif)
    Sampai di sini dulu ya sob.lain kali saya akan membahas cara pemprograman plc dan inverter.dan alat2 hardwere yang di gunakan inverter dan plc.terimaksih semoga bermanfaat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar