music

anic arnica ngobor kodok
Zara Larsson - Ain't My Fault

Rabu, 01 Februari 2012

mengenal komponen komputer

Buat yang baru belajar make atau mngenal komputer, silakan dibaca Kita mulai yuk.
Komputer terdiri dari 3 hal yaitu software, hardware dan brainware.
Software merupakan perangkat lunak (tak tampak) yg berupa program, aplikasi, dan data2 file. Hardware adalah perangkat keras (tampak) yg secara fisik terlihat berupa monitor, CPU dll. Sedangkan Brainware ya kita2 ini sebagai petugas operasional komputer :-P
Nah, sebelum lebih jauh, kita bahas dulu proses menghidupkan komputer yuk…
1. Menyalakan komputer
Setelah kita melakukan BIOS (Basic Input Output System) yaitu menghidupkan komputer dengan menancapkan kabel diikuti dengan menyalakan Stavolt dan terakhir menekan tombol Power, maka langkah selanjutnya adalah POST (Power On Self Test) yaitu proses penampilan informasi hardware yg tertanam dikomputer kita. Setelah sukses, BIOS akan menjalankan Operating System.
Operating System atau sistem operasi adalah software yg digunakan untuk
mengelola seluruh isi komputer kita mulai dari hardware sampe program2 yg kita instal. Sistem operasi yg paling banyak digunakan warga Indonesia adalah Microsoft Windows dan Linux.
2. Komputer dan Komponennya.
Komponen komputer bisa kita pisah menjadi komponen dalam dan komponen tambahan (peripheral). Komponen dalam komputer berupa CPU, Motherboard, RAM, Hard drive (CD/DVD drive, Floppy Drive, Hard disk), dan juga kartu2 seperti Sound Card, VGA Card, TV Tuner Card dll. Sekarang kita bahas lebih rinci lagi ya.
2.1. Prosesor (CPU)
Prosesor atau CPU (Central Processing Unit) adalah chip yg terdiri dari
jutaan transistor. CPU berfungsi sebagai otaknya komputer dalam memproses data.
Untuk komputer kelas desktop, standar menggunakan Prosesor Intel
Pentium 4 atau Prosesor AMD Athlon 64. Semakin berat program yang
dijalankan, maka tuntutan prosesor dengan kapasitas besarpun lebih besar.
2.2. Motherboard
Motherboard memiliki beberapa fungsi penting yaitu untuk menentukan dan mengatur alat yg akan dipasangkan di komputer, selain itu juga mengontrol komponen komputer dan menentukan kemampuan sistem.
Oleh karenanya Motherboard merupakan komponen utama dalam komputer. Yah, kalo bicara motherboard rasanya gak bakal selesai, so singkat aja Motherboard memiliki komponen penting seperti soket, chipset sistem dan bermacam slot seperti slot prosesor, slot RAM, slot Ekspansi, dan juga port-port yg gak kalah penting dalam kegiatan berkomputer ria seperti port USB, mouse, keyboard, port untuk printer firewire, dsb. pokoknya penting deh. Tapi hati2 kalo mau mengganti motherboard, karena soket menentukan jenis prosesor yg akan kita gunakan.
2.3. RAM (Random Access Memory)
RAM adalah komponen komputer yg berfungsi sebagai memori atau penyimpan data sementara ketika kita menjalankan program komputer.
Jadi, begitu komputer mati, data yg terekam pd RAMpun terhapus.
Gampangannya begini, apabila kita termasuk pengguna program2 berat dan sekaligus banyak, kebutuhan akan RAMpun (Pastinya bukan RAM Punjabi) semakin besar. Setidaknya minim komputer kita sudah mempersunting memori 256MB.
2.4. Kartu VGA
Sering pula kita sebut kartu video dan kartu grafis. Kartu Video ini berguna untuk mengolah tampilan (display) pada layar komputer kita. Kartu video sangatlah penting karena menentukan kualitas gambar.
2.5. Kartu Suara Kartu suara juga memegang peranan penting. Karena kartu ini berfungsi sebagai input dan output suara.
2.6. Hard Disk Drive (HDD)
Biasanya kita cukup menyebutnya Hard disk. Tentu kita tau Hard disk sangatlah penting karena berguna sebagai media penyimpanan (Storage) data2 dan program bahkan sebagai boot device utama komputer.
Hard disk berbeda dgn RAM. Hard disk bisa menyimpan data secara permanen meski komputer dalam keadaan mati. Semakin besar kapasitas suatu hard disk, maka data yg bisa disimpanpun semakin banyak.
2.7. Floppy disk (Disket)
Kita mungkin sudah hampir melupakan komponen satu ini. Tidak heran kalo sudah banyak yg meninggalkannya karena selain jadul, media penyimpanan berbentuk kotak tipis ini juga memiliki banyak kelemahan diantaranya berdaya tampung sangat minimalis (tak lebih dari 1,44MB) dan data yg tersimpanpun rawan rusak.
2.8. USB Flash Drive
Media penyimpanan yg biasa kita sebut Flash disk ini memang selain praktis, daya tampungnyapun sudah cukup besar.
2.9. CD Drive
Apabila kita ingin membakar CD, maka kita membutuhkan CD Drive yg berfungsi untuk membakar (Burning). Biasanya kita sebut dengan CD-RW. Sedangkan kalau kita hanya memiliki CD Rom biasa, artinya CD Drive kita hanya bisa digunakan untuk membaca.
2.10. CD (Compact Disc)
Setidaknya ada 2 tipe keping CD yg kita kenal yaitu CD-R (Recorder) yang hanya bisa ditulisi saja dan CD-RW (ReWritable) yang bisa ditulis berulang-ulang. Untuk kapasitas, CD yang paling banyak beredar adalah CD 80 menit yang mampu menyimpan data sampai 700MB.
2.11. DVD Drive
Sama dengan CD Drive, DVD Drive pun menentukan jenis DVD apa apa saja yg bisa didukung.
2.12. DVD (Digital Versatile Disc)
Pernah pula disebut sebagai Digital Video Disc karena fungsi awalnya sebagai media penyimpan Video. Perbedaan antara DVD dengan CD cukup jelas. Apabila sebelumnya kakak bilang CD hanya mampu menampung data hingga 700MB, maka DVD bisa menampung mulai dari 4.7 GB sampai 17GB. Tapi yg 17GB mahal bo! Harganya bisa lebih
dari 30rb perkeping.
2.13. Casing
Casing adalah tempat disatukannya komponen2 komputer. Kakak masih sempat menikmati yg namanya casing desktop waktu SMP. Casingnya tidur gak berdiri seperti yg sekarang2 ini. Standarnya sih orang menggunakan Casing Mid Tower. Casing jenis ini sudah dilengkapi 5 drive bay eksternal (tempat buat masang CD/DVD Drive) dan 2/3
drive bay internal juga FDD serta memiliki pendinginan yg cukup.
Disamping itu masih ada Casing Full Tower yg bodinya tinggi (bisa sampe 90cm) tapi tentu saja lebih mahal.
2.14. Power Supply
Komputer2 baru sekarang ini membutuhkan daya yang lebih besar karena semakin tingginya pula keinginan untuk memasang beragam peripheral. Usahakan membeli power supply yg berkualitas daripada nyesel belakangan. Karena kualitas yg buruk bisa merusak komponen komputer yg lain. Didalam sebuah power supply sudah terintegrasi
setidaknya sebuah cooling atau kipas pendingin. Sekedar catatan buat yang memiliki komputer berprosesor super lebih baik menggunakan pendinginan lebih dengan menggunakan Heat Sink. Pemasangan heat sink adalah dengan memasang keping logam pelepas panas diatas komponen komputer yang diinginkan. Sementara heat sink itu sendiri
diletakkan dibawah kipas untuk membuang panas tadi melalui lubang ventilasi.
2.15. Monitor
Monitor adalah salah satu output device terpenting dalam dunia perkomputeran (halah…). Standarnya kita memiliki komputer berukuran 15”. Karena harga LCD sudah mulai terjangkau maka banyak orang yang sudah beralih dari jenis monitor CRT ke LCD. Tentu saja, layar monitor LCD meski lebih mahal memiliki banyak keunggulan diantaranya tidak
merusak mata karena minim radiasi, konsumsi listrik yg lebih kecil dan berbodi tipis sehingga lebih ringan dan mudah dipindah-pindah.
2.16. Keyboard
Kalau monitor adalah out device utama, maka keyboard adalah input device utamanya. Seperti kita tau keyboard digunakan untuk mengetikkan bermacam perintah dan juga data untuk kemudian diolah oleh komputer kita. Saat ini kibor dengan teknologi wireless atau nirkabel sudah mulai banyak digunakan para pengguna komputer desktop. Keunggulan kibor jenis ini tentu saja agar tidak dibatasi kabel. Bisa mengetik dari sekian
jarak. Bahkan ada yg sudah memakai virtual kibor segala. Kakak tau pas nonton Pimp My Ride di Tipi.
2.17. Mouse
Mouse pertama kali dikenalkan pada tahun 1984. Ada 3 jenis mouse yang kita kenal yaitu wheel mouse, mouse optik, dan mouse laser.
• Wheel mouse
Mouse jenis ini sudah banyak ditinggalkan orang karena ketidak-praktisannya (mesti bersihin bola segala). Selain itu pointernya juga suka nyendat2 dan kurang akurat.
• Optical Mouse
Mouse ini sudah tidak menggunakan bola lagi melainkan LED (Light Emitting Diode) berwarna merah untuk menyinari permukaan.
Keunggulannya dibanding wheel mouse adalah lebih tahan lama, tidak mudah kotor, pointer jalan mulus dan bisa digunakan tanpa bantuan mouse pad.
• Laser mouse
Sebenernya mouse laser ini adalah pengembangan dari mouse optik.
Kalau mouse optik masih memancarkan sinar merah, maka mouse ini sudah tidak lagi atau hampir gak keliatan. Kelebihannya dibanding mouse optik, dia bisa digunakan hampir dipermukaan apapun termasuk kalo kita lagi lesehan diwarnet cukup modal paha udah oke.
Sama halnya dengan kibor, teknologi mousepun sudah merambah wireless. Maka terciptalah mouse teknologi nirkabel yaitu mouse bebas kabel.
Nah, kesimpulan dari mouse yg lumayan banyak jenisnya ini kalo mau beli baru tentukan mouse berdasarkan kemudahan,
kepraktisan dan tentu saja jangan maksa beli wireless mouse kalo
kantong cuma cukup buat nraktir temen es dawet di GOR Petro (Tridarma) :-D


2.18. Voltage Regulator (Stavolt)
Kondisi tegangan listrik yang tidak stabil seperti yang sering terjadi di Palu akhir2 ini (Untung kakak gak ikut Umi pindah Palu xixixii) sangatlah membahayakan perangkat komputer. Oleh karena itu, penggunaan Voltage Regulator atau biasa kita sebut Stavolt sangatlah penting. Stavolt yg baik mampu menstabilkan tegangan yg naik turun dengan baik pula. Maka dianjurkan (anjuran kakak siy ^_^) agar membeli stavolt yang berkualitas.
2.19. UPS (Uninterrupted Power Supply)
Fungsi UPS adalah untuk mempertahankan supply listrik. Jadi, kalo tiba2 listrik padam, komputer tidak akan langsung mati. Logikanya UPS juga bisa membantu keawetan komponen komputer. Biasanya UPS berkualitas baik sudah sekalian berfungsi sebagai stavolt. Jadi tidak perlu menggunakan stavolt lagi.sory kalo ane pake bahasa jadul,sebab ane orangnya jadul ckakakakakaka.
semog bermanfaat......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar